Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kartu Kredit

Kartu Kredit
Kartu Kredit

Tidak sedikit orang yang memiliki pemahaman bahwa kartu kredit adalah alat untuk utang. Padahal jika ditelisik lebih dalam lagi, sebetulnya fungsi kartu tersebut adalah alat untuk pembayaran.

Jadi, anggapan yang selama ini salah tersebut justru menjadi buah simalakama bagi pemiliknya. Minimnya pemahaman tentang penggunaan instrumen kredit tersebut membuat beberapa pengguna terjebak dan terlilit dalam utang.

Padahal, jika bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang benar, justru banyak kelebihan dan manfaat yang bisa didapatkan. Nah, kita coba ulas ya beberapa kelebihannya.

Manfaat dalam memiliki kartu kredit

Sepanjang pengalaman saya, sangat membantu sekali terutama saat transaksi secara online. Misalnya jika membutuhkan pembelian aplikasi atau barang dari marketplace di luar negeri.

Beberapa kawan saya yang kerap kali traveling ke luar negeri pun banyak yang memiliki kartu sakti tersebut. Alasannya karena transaksi di luar negeri lebih banyak menggunakan transaksi non tunai. Selain itu cukup banyak penawaran diskon dari bank penerbit kartu.

Selain itu, beberapa hotel di luar negeri juga membutuhkan jaminan deposit dengan menggunakan kartu. Jelas ini sangat menguntungkan bagi traveler yang tidak terlalu banyak membawa uang tunai. Jika deposit tidak digunakan, dana akan dikembalikan tanpa proses yang rumit.

Transaksi non tunai di Indonesia juga kini sedang digalakkan. Hampir setiap marketplace online juga kini sudah menyediakan fitur pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Di balik kelebihannya, ada pula kekurangannya

Di balik kelebihan tersebut tentu saja ada kekurangannya. Dari faktor internal pengguna misalnya, masih ada yang tidak paham cara menggunakannya. Contohnya terlalu sering membayar minimum payment dan tidak bisa mengerem penggunaan sampai melebihi limit.

Hal tersebut yang membuat kredit macet alias terlilit utang. Padahal idealnya, pengguna sudah memahami konsekuensi utang yang perlu dibayar. Dengan begitu, pengguna tidak akan terlilit utang.

Mindset inilah yang perlu dipaparkan secara berulang-ulang kepada para pengguna. Meskipun terdapat pilihan cicilan, sudah ada ketentuan agar neraca keuangan bulanan tidak terganggu.

Idealnya jika ingin memanfaatkan cicilan, setidaknya cukup hanya 30 persen saja dana yang bisa dipergunakan untuk cicilan. Selebihnya tetap dipersiapkan untuk biaya bulanan agar tidak terganggu.

Begitu juga dengan akad kredit yang kadang-kadang diabaikan saat mengajukan kartu atau mengajukan cicilan. Pahami bunga, denda serta biayaketerlambatan pembayaran.

Kartu kredit juga cukup rentan jika digunakan untuk belanja online. Misalnya risiko terjadi pencurian data. Banyak yang belum menyadari bahwa menggunakan koneksi publik apalagi mengunduh aplikasi-aplikasi berbahaya berpotensi terjadinya pencurian data. Hal inilah yang memicu terjadinya penggunaan kartu tanpa diketahui oleh pemiliknya sendiri.

Hal yang paling mendasar, tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit dengan mudah. Karena ada syarat-syarat tertentu yang perlu dipenuhi sesuai dengan kriteria bank penerbit. Ini juga menjadi kendala bagi generasi milenial yang sudah punya penghasilan tetap namun masih berusia muda.

Belum lagi dengan fenomena para pekerja paruh waktu yang kesulitan untuk mengajukan kartu karena persoalan latar belakang pekerjaan. Padahal pendapatan mereka bisa jadi jauh lebih besar daripada UMP setempat.

Fintech menjadi solusi kredit online

Itulah mengapa saat ini ada beberapa fintech memberikan solusi dari kekurangan tersebut. Misalnya saja seperti Kredivo yang memberikan keleluasaan dalam memberikan cicilan tanpa kartu hingga pinjaman tunai.

Syaratnya pun tidak terlalu sulit kok. Asal punya KTP, berusia 18 tahun dan berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, atau Denpasar sudah bisa mengajukan cicilan express 30 hari atau cicilan reguler dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan dengan bunga rendah 2,95% perbulan.

Nah, untuk kebutuhan mendesak atau untuk meminang hp baru, kamu bisa menggunakan fasilitas dari Kredivo. Tidak perlu kartu fisik. Semua bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi Kredivo. Untuk transaksi online dan pembayaran online pun lebih aman karena menggunakan sistem OTP (one time password) yang lebih aman.

Cek kemudahan tersebut lewat tautan berikut ini https://www.kredivo.com/ untuk mengetahui lebih jauh apa saja layanan kredit dari Kredivo yang bisa dimanfaatkan.